Business


Lionel Messi No Punggung 10 - Dengan Satu DasawarsaSebagai Pemilik Nomor Keramat Barcelona Yaitu Nomor Sepuluh

Lionel Messi No Punggung 10 - Dengan Satu DasawarsaSebagai Pemilik Nomor Keramat Barcelona Yaitu Nomor Sepuluh



IDOLACASH - Pada tanggal 24 Juli 2008 yang silam, tercipta salah satu momen penting dalam sejarah klub Barcelona. Momen itu tercipta dalam sebuah laga persahabatan melawan klub Hibernian asal Skotlandia.

Itu merupakan awal dari era Barcelona bersama pelatih Josep Guardiola. Namun tak kalah penting, itu juga menandai penampilan perdana Lionel Messi - yang kala itu berusia 21 tahun 1 bulan - dengan seragam nomor 10 Barcelona.

Barcelona menang enam gol tanpa balas. Messi menyumbang satu gol, yakni gol kedua, sebuah gol berkelas yang sangat identik dengan dirinya.


IDOLACASH | Situs Agen Bola Online Terpercaya Di Indonesia  Gol itu tak terhitung dalam koleksi gol resmi sang bintang Argentina bersama Barcelona. Namun gol itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa dia memang ditakdirkan untuk memakai nomor keramat Blaugrana.

Sepuluh hari setelahnya, pada 3 Agustus 2008, resmi diumumkan bahwa Messi adalah nomor 10 Barcelona untuk musim 2008/09. Sejak itu, nomor istimewa tersebut menjadi sangat identik dengannya.

Hingga satu dasawarsa berselang, Messi dan nomor 10 Barcelona sudah seperti dua unsur yang tak terpisahkan. Nomor 10 Barcelona adalah Messi; Messi adalah nomor 10 Barcelona.


Nomor Prestisius


Nomor 10 Barcelona adalah nomor prestisius yang sudah dipakai oleh para pemain spesial.

Sebelum Messi, nomor ini sudah terlebih dahulu dipakai oleh sejumlah pemain hebat, yang beberapa di antaranya bahkan dianggap sebagai legenda sepakbola. Termasuk di antaranya adalah Juan Riquelme, Romario, Rivaldo, dan 'El Pibe de Oro' Diego Maradona.

Tepat sebelum Messi, nomor ini dipakai oleh Ronaldinho - si jenius master jogo bonito yang diakui sebagai salah satu pemain paling skillful dalam sejarah sepakbola.

Nomor 10 Barcelona bukan nomor sembarangan, dan tak sembarangan pemain 'berhak' memakainya.



Diwariskan Langsung Oleh Ronaldinho



IDOLACASH | Situs Agen Bola Online Terpercaya Di Indonesia  Sebelum memakai nomor 10, Messi memakai dua nomor berbeda di tim senior Barcelona. Pada musim perdananya di tim utama, musim 2004/05, Messi memakai nomor 30, begitu pula musim berikutnya. Pada musim 2006/07 dan 2007/08, Messi bermain dengan nomor 19.

Musim 2007/08 adalah musim terakhir dari lima musim Ronaldinho di Barcelona, di mana dia mencetak hampir 100 gol dalam lebih dari 200 penampilan. Musim panas itu, pemain Brasil yang terkenal murah senyum tersebut hijrah ke AC Milan.

Ronaldinho hijrah seminggu sebelum laga pramusim pertama Barcelona melawan Hibernian. Nomor 10 Barcelona kosong, dan Messi yang dipercaya memakainya.

Nomor itu sendiri 'diwariskan' langsung oleh Ronaldinho kepadanya.

Dalam sebuah wawancara dengan Barca TV pada Desember 2015, Messi mengungkapkan bahwa Ronaldinho lah yang mengatakan kepadanya untuk memakai nomor tersebut. Itu beberapa bulan sebelum Ronaldinho mengumumkan untuk pergi dari Camp Nou.

"Sebelum meninggalkan klub, [Ronaldinho] berbulan-bulan memikirkan beberapa hal," papar Messi. "Dia membulatkan tekad untuk pergi dan bilang kepada saya untuk mengambil nomornya."

"Saya menerimanya tanpa melihat apa saja yang sudah dia lakukan dengan seragam itu. Jika melihat itu semua, saya pasti takkan sanggup menerimanya."



Pembuktian



IDOLACASH | Situs Agen Bola Online Terpercaya Di Indonesia   Skuat musim 2008/09 diakui sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah Barcelona. Di awal era kepelatihan Guardiola itu, Blaugrana menjadi tim Spanyol pertama yang meraih treble La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions Eropa.

Musim itu, Messi juga langsung membuktikan bahwa dia memang pantas memakai nomor keramat Barcelona.

Sepanjang musim, dengan posisi utamanya di sektor kanan, Messi mencetak 38 gol dalam 51 penampilan di semua kompetisi dan finis sebagai top scorer Barcelona.

Gol-gol Messi terbilang krusial. Termasuk di antaranya adalah dua gol yang dicetaknya ketika Barcelona memenangi El Clasico La Liga dengan menghabisi Real Madrid 6-2 di Santiago Bernabeu pada 2 Mei 2009.

Tak kalah penting tentu saja sundulannya yang mengecoh kiper Edwin van der Sar saat Barcelona menang 2-0 atas Manchester United dalam partai final Liga Champions di Stadio Olimpico di kota Roma.


Legenda


IDOLACASH | Situs Agen Bola Online Terpercaya Di Indonesia   Sejak pertama kali memakai nomor 10 Barcelona, hingga sekarang satu dasawarsa berselang, Messi telah menjadi salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Statistik yang diukir dan prestasi-prestasi yang disabetnya dengan nomor 10 Barcelona sungguh luar biasa.

Dengan nomor keramat ini, Messi telah mencetak 510 gol dan merancang 192 assist dalam 527 penampilan. Masing-masing lima penghargaan Pichichi La Liga, Sepatu Emas Eropa dan Ballon d'Or untuk pemain terbaik sejagat telah diraihnya.



Messi adalah satu dari dua pemain terbaik di generasinya.

Bagi Barcelona, dia adalah ikon dan pasti akan menjadi legenda. Selepas era Messi nanti, tidak bakal mudah bagi Barcelona untuk mencari penerusnya.

Lionel Messi, dia adalah nomor 10 terhebat dalam sejarah Barcelona.
Lionel Messi No Punggung 10 - Dengan Satu DasawarsaSebagai Pemilik Nomor Keramat Barcelona Yaitu Nomor Sepuluh Lionel Messi No Punggung 10 - Dengan Satu DasawarsaSebagai Pemilik Nomor Keramat Barcelona Yaitu Nomor Sepuluh Reviewed by Unknown on Juli 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sponsor


Diberdayakan oleh Blogger.